Tidak terasa kami ajak kalian kembali pada part 2 nya. Dimana masih saja membahas mengenai berbagai jenis tanaman sayuran yang bisa ditanam pada area rumah kalian masing-masing. Jika tadi kami sudah memberikan adanya : Gaya Hidup Sehat dengan Berkebun – Manfaat Berkebun pada Area Rumah – lalu Jenis dari Tanaman Sayuran sudah sampai kami jelaskan pada beberapa tanaman saja. Maka dari itu, kami akan berikan lagi penambahan atas jenis-jenis tanaman sayuran lainnya yang bisa kalian tanam dan terhitung mudah untuk dilakukan pada area perkebunan yang minimalis. 

Seperti halnya kalian menanam sayuran pedas yakni Cabai Rawit. Untuk tanaman ini sendiri, kalian memerlukan ukuran pot dengan minimumnya 5 Liter. Sebenarnya Cabai Rawit ini bisa tumbuh ditanam dalam pot dengan ukuran yang jauh lebih kecil, tetapi hasilnya tidak akan maksimal nantinya. Maka kalian bisa saja memilih pot plastik atau keramik yang memang memiliki lubang pada bagian dasar untuk Drainasenya. Siram kurang lebihnya 3x sehari atau dilakukan setiap hari saat kemarau tiba. Jika kalian menanamnya pada tanah pekarangan, maka bisa menaruh jarak antar bibit ini 7 hingga 10 cm. 

Selain itu kalian juga bisa menanam Daun Bawang. Dimana tanaman Sbobet sayuran ini bisa ditanam pada lahan yang sempit juga dengan cara penanamannya tidak terhitung sulit. Dibutuhkannya 1 polybag saja untuk menanam maksimalnya 2 batang. Kalian bisa memakai cara dengan menanam benih langsung atau Generatif dan bisa menanam bawang yang sudah tumbuh atau Vegetatif. Suhu ideal dari jenis tanaman sayuran ini sekitar 19 hingga 24 Derajat C, namun darun bawang juga masih bisa tumbuh pada dataran rendah dengan suhu panas. Selanjutnya kalian hanya perlu menyiram 1 sampai 2 sekali saja pada tanaman ini. Jadi jangan lebih air maupun jangan kurang air ya. 

5.5 Jenis Tanaman Sayur – Tomat 

Buah berwarna orange dengan Rasa Manis dan Masam ini juga layak kalian tanam untuk memperindah pekarangan rumah yang kalian miliki. Ada yang berwarna Orange ada juga yang berwarna Hijau. Ada yang ukurannya Besar dan ada juga yang ukurannya Kecil atau diberi nama sebagai Tomat Cherry. 

Sebenarnya jenis dari sayuran ini memiliki penanaman tomat yang dimulai dengan proses dari penyemaian benihnya. Benih tomat memang sebaiknya bisa diletakkan pada media tanam tanah yang tidak begitu padat. Kalian bisa gunakan campuran dari tanah, gunakan arang sekam maupun pupuk. Hal ini memang bertujuan untuk bisa memperlancar aliran air pada tanah. Selain itu, kalian bisa memperhatikan lokasi pada penanaman tanaman tomat dan bisa dipastikan mendapatkan cukup cahaya matahari secara langsung. 

Menanam tanaman sayuran tomat juga bisa menggunakan media pot atau Polybag. Saat menanam tomat secara berjajar, maka kalian harus memastikan memiliki jarak tanamannya 5 cm. Hal ini dilakukan agar nantinya tomat tumbuh tidak bergerombol dan berhimpitan dengan batang lain yang bisa mengganggu pertumbuhannya. 

6.6 Jenis Tanaman Sayur – Wortel 

Vitamin A ngumpul nih di jenis sayuran yang suka banget dimakan sama kelinci. Kalau kalian sering melihat jika tanaman wortel ini ditanam di dataran tinggi alias suhu yang dingin. Maka persepsi yang kalian miliki salah besar ! sebab tanaman wortel ini memiliki kesan lebih fleksibel dimana bisa ditanam pada dataran rendah juga. 

Syarat utama agar nantinya tanaman sayuran wortel ini bisa tumbuh dengan ideal adalah ditanamnya pada media tanam tanah yang subur. Kalian bisa mencampurkan tanah dengan kompos, pasir yang halus, dan juga tanah merah dengan perbandingan di 1 : 1 saja. Ukuran potnya juga akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Pilih saja pot yang memang memiliki kedalaman 30 sampai 40 cm agar nantinya pertumbuhan dari tanaman wortel ini jauh lebih ideal lagi. 

Proses selanjutnya yang bisa dilakukan adanya proses dari penanaman. Letakkan saja bibit sayuran wortel pada media tanam dengan jarak sebesar 3 cm. Letakkan bibit ini persis pada lubang dengan kedalaman 5 cm, dan dari setiap lubang nantinya bisa diisi dengan 2 bibit wortel yang ada. Setelah proses penanaman selesai, amka bisa siran secara teratur dan bisa ditempatkan pada tempat yang memang terkena pancaran sinar matahari langsung. 

7.7 Jenis Tanam Sayur – Selada 

Siapa sih yang enggak kenal sama sayuran Selada Air ? … bagi orang Indonesia, dimana ada sambal dalam masakan pecel lele, disitulah selada air bersembunyi wkwkwk. Jenis sayuran ini segar dan tidak memberikan kesan pahit saat dimakan. Maka dari itu, wajib nih kalian list untuk menanam sayuran ini. Kalau kalian ingin menanamnya, maka setidaknya kalian perlu untuk memperhatikan adanya pemilihan dari bibit yang berkualitas dan menyiapkan media pembibitan sampai dengan penanaman dan perawatan dari Selada Air itu sendiri. 

Kalian mampu menemukan bibit selada air dengan kualita baik pada toko-toko tanaman dengan begitu mudah. Kalau untuk media pembibitannya, kalian bisa gunakan campuran dari sekam padi ; pupuk kompos ; sampai dengan tanah yang gembur. After bibit selada air ini bisa berkecambah, maka langsung pindahkan saja ke media tanam yang lebih luas dengan menggunakan tanah gembur yang mana sebelumnya sudah didiamkan selama 2 hari lamanya. Proses selanjutnya adalah dengan merawat tanaman ini pada kelembaban dari si sela air itu sendiri. 

8.8 Jenis Tanaman Sayur – Mentimun 

Sayuran berbiji banyak, warna kulit luarnya hijau, memiliki kandungan air yang banyak, lebih sering dijadikan lalapan dan dijadikan sebagai acar, siapakah aku ini ? …. Jelas jelas dia ini adalah MENTIMUN ! 

Untuk kalian yang memang ingin menanam sayuran mentimun pada area rumah dengan media tanam di Pot. maka kalian harus bisa memulainya dengan menggunakan cara penyemaian benih mentimun di polybag sampai dengan tumbuh dan berdaun. Setelah itu kalian akan bisa memindahkan ke media tanam pada pot yang jauh lebih besar dengan diameter lebar mencapai 40 cm. Media tanam yang digunakan adalah sebuah percampuran antara tanah dan kompos dengan komposisi 50 : 50 saja. Setelah penanaman ini selesai, maka kalian bisa merawatnya dengan menyiraminya langsung secara rutin saja. 

9.9 Jenis Tanaman Sayur – Kangkung 

Ini dia nh, tanaman paling legendaris dan seringkali ditemukan di persawahan. Selain itu, tanaman Kangkung juga sudah masuk ke dalam sebuah mitos atau fakta dari “ ketika makan kangkung di siang hari, akan membuat mata menjadi mengantuk “ … nah kira-kira itu mitos atau fakta ya ? … 

Biasanya sih kangkung banyak diolah menjadi Tumis Kangkung, Tumis Tauco Kangkung, Pecak Kangkung dan lain sebagainya. Proses pada penanaman dari sayuran ini sendiri cukup mudah. Sebab kalian hanya perlu menyediakan media untuk benih kangkung pada lubang dengan kedalaman mencapai 5 cm saja. Buat sedikit jarak antar lubang yakni 20 cm agar nantinya pertumbuhan dari sayuran kangkung ini tidak bergerombol menjadi satu. Kalian bisa langsung menaburkan sampai dengan 5 benih hanya pada satu lubangnya. Dan proses selanjutnya seperti biasa, perawatan dan penyiraman secara rutin untuk bisa dilakukan. 

10. Jenis Tanaman Sayur – Buncis 

Ini dia nih, kalau menurut kami sendiri buncis menjadi sayuran yang manis untuk dimakan begitu saja. Makan pake sambel terus sama buncis rebus aja udah enak parah si ! selain itu Proses dari penanaman buncis juga terhitung mudah, hampir sama saja seperti tanaman sayuran lainnya. Dimana alat dan bahan yang diperlukan bisa meliputi : 

  • Bibit buncis yang memiliki kualitas terbaik 
  • Media tanam yang diperlukan berupa tanah yang sudah dicampur dengan  kompos
  • Pot atau gunakan polybag 

Kalian bisa meletakkan sampai dengan 3 biji dalam satu lubangnya. Bibit buncis ini akan mulai berkecambah terhitung selama 2 minggu setelahnya. Dan bunci akan berbuah biasanya membutuhkan waktu kurang lebihnya 45 hari. 

Akhirnya pembahasan kami telah selesai sampai sini, selanjutnya giliran kalian yang menentukan manakah yang ingin kalian tanam lebih dahulu sebagai penghias bagi area rumah maupun perkebunan mini yang kalian miliki. Terima Kasih…